Jumat, 15 Januari 2010

Wah asik bisa dual boot OS...

Setelah berhasil main-main dengan ubuntu, ada temen curhat tentang dual boot OS. Wah jadi tertarik buat nyoba...Langsung dech tanya sama mbah google, setelah dapet tutorialnya ternya sukses...yaudah dech sekarang saatnya bagi-bagi ilmu....
Postingan ini dibuat setelah Saya berhasil membuat dual boot Windows 7 dan Ubuntu. Ceritanya PC Saya yang sebelumnya menggunakan Windows XP dan Ubuntu 9.10 Saya upgrade menjadi Windows 7 dan Ubuntu 9.10 (Karmic Koala), namun ada partisi yang salah pada instalasi sebelumnya yaitu ada partisi yang unallocated dan tidak digunakan…sayang kan jadinya space hard drive gak digunakan. Nah untuk itu Saya ingin perbaikin kesalahan ini sekaligus aja meng-upgrade os Windows dan Ubuntu.
Permasalahan yang terjadi adalah ketika Saya melakukan upgrade Windows XP ke Windows 7 boot loader hilang, namun hal ini bisa Saya atasi dengan melakukan sedikit konfigurasi pada MBR yang terhapus dan boot loader kembali lagi, dan Saya bisa masuk ke Windows 7 dan Ubuntu dengan baik. Namun ketika Saya ingin mengupgrade Ubuntu, Ubuntu tidak mengenali partisi Windows 7 sebagai operating system. Hal ini sangat aneh, padahal ketika Saya lihat menggunakan Partition Magic, semua partisi di komputer Saya dikenali.
Nah, akhirnya Saya coba cari jawabannya sama Mbah Google, dan akhirnya Saya bisa mengatasi semua permasalahan itu dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:
Backup terlebih dahulu data-data Anda pada USB flash disk atau hard drive eksternal]
1. Lakukan booting dengan CD Ubuntu 9.10 Karmic Koala.
2. Buka terminal dan jalankan Gparted
>sudo gparted
3. Buat sebuah partisi NTFS.
4. Quit GParted, dan reboot.
5. Booting dengan CD Windows 7.
6. Ketika ada pilihan dimana menginstall, pilih partisi ntfs yang telah Anda buat pada langkah 3 dan klik next.
7. Instalasi Windows 7 akan berjalan.
8. Setelah instalasi Windows 7 selesai dengan sempurna, booting dengan menggunakan CD Ubuntu lagi dan lakukan instalasi Ubuntu 9.10 Karmic Koala pada partisi yang kosong.
9. Seharusnya Ubuntu sudah mengenali partisi Windows 7 sekarang sebagai Partisi Windows 7 dan sekarang Anda bisa melakukan dual boot.
Jadi intinya dari postingan kali ini adalah, jika Anda membuat partisi awal dengan menggunakan CD Windows 7, maka Ubuntu 9.10 Karmic Koala tidak akan mengenali partisi sebagai operating system. Jika Anda menggunakan aplikasi partisi dari pihak ketiga seperti GParted, dan melakukan instalasi Windows maka skenario berikutnya akan berjalan sesuai keinginan.
Apakah Anda mengalami hal yang sama dengan yang Saya alami ketika menginginkan dual boot Windows 7 dan Ubuntu??? Jika ada langkah lainnya, mohon dapat berbagi dengan menggunakan form komentar di bawah postingan ini.He...he....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar